Bagaimana Suami Dapat Mengurus Perceraian di Bogor dan Kabupaten Bogor dari Awal Sampai Tuntas

Beranda » Artikel » Hukum Keluarga » Bagaimana Suami Dapat Mengurus Perceraian di Bogor dan Kabupaten Bogor dari Awal Sampai Tuntas

Berikut ini adalah langkah-langkah mengurus dari awal sampai tuntas perceraian di Bogor dan Kabupaten Bogor yang dapat dilakukan jika Anda laki-laki atau merupakan pihak suami.

Baik pihak laki-laki atau perempuan dapat mengajukan permohonan cerai. Perceraian sendiri dibedakan tiga macam, yaitu cerai talak, cerai gugat, dan khuluk.

Saat ini kami akan menjelaskan terkait cerai talak dan pengertian talak yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Mengurus dari Awal Sampai Tuntas Perceraian di Bogor dan Kabupaten Bogor dengan Cerai Talak

Jenis perceraian dibedakan ada tiga, yang pertama, adalah cerai talak atau permohonan yang hanya dapat dilakukan oleh suami atau pihak laki-laki.

Jika Anda menjatuhkan talak pada istri, maka Anda dapat mengajukan permohonan baik berupa lisan dan tulisan.

Nantinya permohonan lisan dan tulisan akan Anda ajukan ke Pengadilan Agama pada wilayah domisili istri Anda. Permohonan tersebut disertai dengan alasan Anda melakukan talak, dan memohon untuk dilakukan sidang.

Talak merupakan bentuk pemutusan hubungan pernikahan akibat sebab tertentu yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk suami dan istri melanjutkan rumah tangga dalam Islam.

Singkatnya, talak yang diakui secara sah oleh hukum negara, yaitu talak yang telah diucapkan Anda selaku seorang suami di hadapan Pengadilan Agama. Agar Anda dapat mengucapkan talak, Anda dapat mengajukan permohonan terlebih dahulu pada Pengadilan Agama.

Namun Anda dapat melakukannya pada Pengadilan Agama di domisili atau wilayah tempat tinggal istri Anda beserta dengan alasan perceraian, agar sidang dapat dilakukan. Lalu, bagaimana jika Anda mengucapkan talak di luar Pengadilan Agama?

Jawabannya, talak yang Anda ucapkan di luar Pengadilan Agama sah menurut hukum agama saja, namun menurut hukum negara tidak sah. Sehingga secara hukum, Anda masih sah sebagai seorang suami dari istri Anda.

Talak dapat dilakukan hingga tiga kali. Perbedaannya, jika talak satu dan dua terjadi, maka Anda masih dapat melakukan rujuk atau nikah kembali. Jika dilihat dari cara terjadi dan hukumnya, talak satu dan dua terbagi menjadi:

  1. Talak raj’i atau ruj’i, pada talak ini Anda dan istri masih dapat rujuk kembali. Menurut Pasal 118 KHI, jenis talak ini menjelaskan bahwa Anda dapat rujuk selama istri dalam masa iddah.
  2. Talak ba’in Shugra, talak yang tidak dapat rujuk kembali, namun Anda dan istri dapat menikah kembali setelah masa iddah habis.

Masa iddah merupakan waktu yang berlaku bagi seorang istri yang telah putus perkawinan dari mantan suaminya, atau dengan kata lain masa iddah adalah waktu tunggu.

Talak tiga adalah bentuk dari talak ba’in besar, yaitu tidak dapat dan tidak boleh untuk rujuk kembali sebelum mantan istri menikah dengan orang lain. Ketentuan terkait talak tiga telah dijelaskan dalam Surah Al-Baqarah ayat 230.

Jika Anda mengucap talak tiga, lalu ingin kembali rujuk, maka mantan istri Anda wajib untuk menikah dengan laki-laki lain terlebih dahulu. Sehingga Anda dapat melakukan rujuk dengan mantan istri Anda.

Perceraian dapat dilakukan jika sudah tidak adanya kecocokan antara Anda dan istri, atau jika istri telah meninggal. Namun cerai gugat tidak dapat terlaksana jika istri meninggal sebelum terjadinya putusan dari Pengadilan Agama.

Kantor Hukum Jakarta, Solusi Mengurus dari Awal Sampai Tuntas Perceraian di Bogor dan Kabupaten Bogor

Mengurus perceraian dapat Anda lakukan dengan bantuan dari jasa pengacara. Sehingga segala urusan akan lebih mudah dan juga cepat.

Kami siap untuk membantu mengurus dari awal sampai tuntas perceraian di Bogor dan Kabupaten Bogor.

Email: [email protected]

Kontak telepon / WhatsApp: 0812-1907-4512

Mari selesaikan urusan perceraian Anda bersama pengacara perceraian di Kantor Hukum Jakarta sekarang!

Tinggalkan komentar

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.