Info Lengkap Biaya Pengacara Perceraian di Jakarta dan Sekitarnya

Beranda » Artikel » Hukum Keluarga » Info Lengkap Biaya Pengacara Perceraian di Jakarta dan Sekitarnya

Setiap pasangan suami istri pasti berharap bisa menjalani pernikahan selamanya. Namun, terkadang ada saja hal-hal atau kejadian di luar kendali yang dapat menjadi penyebab perceraian antara suami dan istri.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum proses perceraian? Dan berapakah biaya pengacara perceraian di Jakarta?

Kisaran Biaya Pengacara Perceraian di Jakarta

Sebuah perceraian memang memiliki proses yang tidak sebentar dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari proses mengajukan permohonan ke pengadilan negeri atau pengadilan agama, mencari pengacara yang tepat, sampai mengurus biaya perceraian dan pengacara setelah adanya putusan cerai.

Semua proses perceraian yang cukup rumit bagi orang awam menjadi alasan mengapa anda membutuhkan pengacara. Selain sebagai konsultan yang memberikan nasihat hukum dalam masalah keluarga dan perceraian, pengacara juga bisa membantu dengan mendampingi selama proses perceraian baik di dalam dan di luar pengadilan agar Anda lebih siap secara teknis dan psikologis.

Lantas berapa kisaran biaya pengacara untuk perceraian?

Pada umumnya biaya pengacara berbeda-beda tergantung daerahnya, tingkat kesulitan kasus, sampai jam terbang pengacara tersebut. Seperti besaran biaya pengacara perceraian di wilayah Jakarta akan berbeda dengan biaya pengacara perceraian di wilayah Bandung.

Sebelum membahas biaya pengacara perceraian, perlu anda ketahui bahwa biaya perceraian dengan biaya pengacara adalah hal yang berbeda. Biaya perceraian adalah biaya yang harus dibayarkan oleh Anda ketika melakukan permohonan ke pengadilan dan masuk sebagai biaya perkara, sementara biaya pengacara adalah biaya yang harus Anda bayarkan jika proses perceraian akan menggunakan bantuan pengacara.

Biaya cerai atau yang biasanya disebut dengan panjar biaya perkara adalah besaran nominal yang harus dikeluarkan selama proses perceraian. Pada umumnya panjar biaya perkara akan dibebankan kepada penggugat. Namun jika pihak penggugat mengalami kesulitan ekonomi dan tidak mampu membayar panjar biaya perkara, maka penggugat harus mengajukan permohonan keringanan biaya perkara kepada Kepala Pengadilan setempat atau lebih dikenal dengan prodeo (berperkara secara gratis).

Rincian biaya perceraian adalah sebagai berikut.

  • Biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) pendaftaran;
  • Biaya proses dan panggilan penggugat dan tergugat (dua kali);
  • Biaya PNBP panggilan pertama penggugat dan tergugat;
  • Biaya pemberitahuan isi putusan kepada penggugat dan tergugat;
  • Biaya PNBP pemberitahuan isi putusan kpd penggugat dan tergugat;
  • Biaya redaksi;
  • Biaya materai.

Selain rincian biaya yang telah disebutkan di atas, anda juga harus menyiapkan dana darurat jika sewaktu-waktu membutuhkan biaya tambahan seperti biaya pemeriksaan setempat, biaya pemanggilan lanjutan dan lain sebagainya.

Sementara biaya pengacara sendiri tidak ada kisaran pastinya. Berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, pengacara berhak menerima honor atas jasa yang telah diberikan kepada klien.

Meskipun tidak ada aturan yang baku terkait besaran tarif advokat/pengacara, namun terdapat faktor-faktor tertentu yang bisa menjadi acuan pengacara dalam menentukan besaran tarif pengacara perceraian.

Beberapa faktor yang menjadi acuan pengacara dalam menentukan biaya perceraian adalah sebagai berikut.

  • Tingkat kesulitan kasus perceraian;
  • Tingkat kompleksitas perceraian (perebutan hak asuh, harta gono gini, dan lain-lain);
  • Lokasi sidang perceraian; 
  • Jam terbang pengacara.

Tarif pengacara sendiri ada dua jenis, yaitu dihitung per jam (hourly basis) atau borongan (lump sum). Tarif pengacara per jam berlaku pada saat pengacara memberikan konsultasi dengan batasan waktu. Beda dengan tarif borongan yang merupakan total biaya dari awal sampai akhir proses perceraian.

Biaya Biaya Pengacara Perceraian di Jakarta dan Sekitarnya Dari beberapa Media

Dilansir dari berbagai sumber, biaya pengacara perceraian di Jakarta dibagi menjadi dua, yaitu perceraian yang ditangani Pengadilan Agama (khusus penganut agama Islam) dan Pengadilan Negeri (untuk penganut agama selain Islam).

Bagi kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Agama, biaya pengacara perceraian berkisar antara Rp 8 juta – Rp 25 juta. Dan untuk kasus perceraian di Pengadilan Umum biayanya berkisar antara Rp 10 juta – Rp 50 juta.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pengacara Perceraian

Setelah mengetahui biaya pengacara perceraian di Jakarta dan sekitarnya, anda dapat mulai mempertimbangkan akan menggunakan jasa pengacara atau tidak di dalam proses perceraian yang akan atau sedang dihadapi.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan jasa pengacara selama proses perceraian, maka simak ulasan tentang keuntungan menggunakan jasa pengacara perceraian di bawah ini.

Efisiensi Waktu dan Tenaga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa proses perceraian memakan waktu yang tidak sedikit. Mulai dari menyiapkan berkas dan dokumen, mendaftarkan gugatan ke pengadilan, menyiapkan biaya perkara, menyiapkan saksi, sampai menjalani proses sidang yang bisa saja memakan waktu berbulan-bulan.

Keuntungan menggunakan jasa pengacara perceraian adalah anda bisa menghemat waktu dan tenaga dengan meminta bantuan kepada pengacara. Anda akan diminta membuat surat kuasa yang menyatakan telah menunjuk pengacara sebagai pihak yang mewakilinya selama proses persidangan.

Pendamping Selama Proses Perceraian

Jika anda memutuskan untuk terjun langsung selama proses perceraian, maka pengacara perceraian bisa menjadi pendamping anda selama proses perceraian. Anda akan mendapat konsultasi hukum sekaligus dukungan secara moril dengan adanya pengacara di samping anda.

Kesempatan Mendapatkan Hak Lebih Besar

Keuntungan lainnya jika anda menggunakan jasa pengacara perceraian adalah kesempatan mendapatkan hak yang diajukan lebih besar. Seperti terkait hak asuh anak, pembagian harta gono gini, atau jika pihak termohon/tergugat merasa keberatan dengan perceraian.

Maka dengan adanya pengacara perceraian, kesempatan untuk mendapatkan hak-hak tersebut akan lebih besar. Mengingat seorang pengacara yang lebih paham hukum dan memiliki pengalaman yang luar biasa sehingga akan membantu mengajukan tuntutan tuntuan yang Anda butuhkan kepada hakim.

Demikian adalah informasi tentang info lengkap biaya pengacara perceraian di Jakarta. Anda bisa menghubungi Kantor Hukum Jakarta untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses dan hal-hal yang terkait dengan kasus perceraian.

Email: [email protected]

Kontak telepon / WhatsApp: 0812-1907-4512

Mari selesaikan urusan perceraian Anda bersama pengacara perceraian di Kantor Hukum Jakarta sekarang!

Tinggalkan komentar

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.