Cara Menggugurkan Gugatan Cerai Istri, Ini Infonya!

Beranda » Artikel » Hukum Keluarga » Cara Menggugurkan Gugatan Cerai Istri, Ini Infonya!

Setiap pasangan suami istri pasti sangat mengharapkan kondisi rumah tangga yang harmonis, namun terkadang ada saja konflik yang terjadi dan menimbulkan masalah berkepanjangan hingga muncul kata perceraian. Konflik tersebut bisa saja muncul dari kondisi ekonomi, sifat pasangan, orang ketiga, dan lainnya.

Tidak sedikit kasus perceraian yang hanya diinginkan oleh satu pihak saja, misalnya seorang istri yang menggugat cerai suaminya dengan alasan tertentu, namun suaminya tidak menginginkan perceraian tersebut. Jika seperti itu bagaimana cara menggugurkan gugatan cerai istri? Anda bisa mendapatkan informasi lengkapnya di artikel ini.

Dalam menangani kasus perceraian pastinya Anda harus memiliki pendamping hukum yang kompeten agar kasus Anda bisa ditangani dengan maksimal. Anda bisa memilih Kantor Hukum Jakarta  sebagai pendamping untuk mencarikan solusi atas kasus hukum yang akan berjalan.

3 Cara Menggugurkan Gugatan Cerai Istri

Ketika gugatan perceraian sudah didaftarkan ke pengadilan, para pihak akan mendapatkan panggilan untuk menghadiri persidangan.  Dalam persidangan tersebut, pihak suami bisa saja mempertahankan keinginannya untuk tidak bercerai dengan cara-cara berikut.

Hadiri persidangan dengan sikap yang baik dan kooperatif

Setelah Anda mendapatkan panggilan dari Pengadilan Agama, sebaiknya Anda bisa menghadiri persidangan tersebut secara patuh dan lebih baik didampingi dengan kuasa hukum yang kredibel, dengan begitu Anda akan lebih terbantu dalam mempertahankan argumentasi untuk keutuhan rumah tangga.

Apabila Anda kurang bersifat kooperatif dengan tidak menghadiri persidangan pertama, dan Anda pun tidak mengirimkan wakil atau pengacara, maka pihak Pengadilan Agama akan menjadwalkan kembali proses sidang.

Pemanggilan pihak tergugat akan dilakukan maksimal hingga 3 kali, jika sudah melebihi batas tersebut maka gugatan akan diterima dan diputuskan tanpa kehadiran pihak tergugat (verstek). Kecuali apabila isi dari gugatan tidak memiliki landasan yang cukup kuat atau melawan hak.

Maka dari itu, hadiri persidangan tersebut sebagai salah satu upaya untuk bisa mempertahankan rumah tangga Anda. Pastikan juga emosi Anda sedang dalam keadaan stabil agar semuanya bisa berjalan lancar dan bisa kembali rujuk.

Manfaatkan proses mediasi dengan baik

Dalam proses sidang gugatan perceraian, akan ada proses atau tahapan mediasi antara Anda dengan Istri yang didampingi langsung oleh Mediator. Proses ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada Anda dan istri agar bisa saling berkomunikasi kembali satu sama lain terkait permasalahan yang sedang dihadapi.

Manfaatkan proses ini dengan terus melakukan pendekatan secara personal kepada istri Anda agar hatinya bisa luluh kembali. Jagalah emosi dan tutur kata Anda agar tidak menyakiti perasaannya. Biarkan dia mengutarakan pokok permasalahan terlebih dahulu, cobalah untuk memahaminya dan mencari titik atau celah yang bisa diperbaiki bersama.

Anda bisa menunjukan itikad baik untuk rujuk atau kembali membangun rumah yang harmonis dengan istri Anda kepada Mediator, sehingga proses mediasi bisa berjalan dengan dingin dan lancar.

Persiapkan proses pemeriksaan pokok perkara dengan maksimal

Dalam proses pemeriksaan pokok perkara, akan dilakukan tanya jawab kepada pihak penggugat dan tergugat. Anda bisa menyiapkan bukti-bukti yang cukup kuat untuk mendukung argumentasi Anda demi mempertahankan rumah tangga. Mintalah saran atau bantuan dari pendamping hukum Anda dalam memilih dan menyusun bukti.

Apabila bukti-bukti yang dilampirkan dianggap benar dan memiliki landasan yang bisa dipertanggungjawabkan, maka Majelis Hakim akan mempertimbangkan bukti tersebut secara seksama dan memberikan keputusan yang adil untuk Anda.

Kantor Hukum Jakarta adalah Pilihan Tepat Anda

Dari semua cara menggugurkan gugatan cerai istri yang telah dibahas, peran pendamping hukum memiliki pengaruh yang sangat signifikan. Maka dari itu Percayakan pendampingan kasus hukum Anda kepada Kantor Hukum Jakarta.

Kami memberikan pelayanan jasa konsultasi dan pendampingan hukum untuk berbagai bidang. Para Advokat kami sudah memiliki Izin Berbicara dari Pengadilan Tinggi.

Kami memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Dapat memberikan solusi terbaik

Dalam memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah hukum Anda, kami akan melakukan proses pemilihan data dengan cermat dan memperhitungkan jangka waktu yang tepat. Sehingga solusi yang kami berikan memiliki landasan yang kuat sesuai dengan data yang tersedia.

  1. Akan selalu memberikan penjelasan yang detail

Sebagai pendamping hukum, tentunya kami ingin memastikan Anda bisa mengerti secara menyeluruh setiap detail proses hukum yang akan dihadapi. Informasi yang kami berikan pun akan sangat transparan serta meyakinkan Anda bisa menguasai setiap materi dari landasan bukti yang akan disajikan saat proses persidangan.

  1. Kami siap mendengarkan keluhan Anda

Ketika Anda akan melakukan konsultasi atau mengutarakan keluhan, kami akan mengatur waktu secara profesional. Kami siap melayani dan membuka telinga untuk memahami segala masalah hukum yang membuat Anda tidak nyaman atau terasa sulit untuk dijalankan. Para Advokat kami memiliki pengalaman yang sangat matang dalam menangani berbagai kasus hukum.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website kami, dan Anda bisa terhubung bersama kami dengan cara memilih menu “Hubungi Kami” pada website, lalu pilihlah Konsultasi Via WA ataupun Konsultasi Via Call.

Kantor Hukum Jakarta siap membantu Anda untuk menemukan cara menggugurkan gugatan cerai istri agar rumah tangga Anda bisa kembali rukun dan bahagia.

Email: [email protected]

Kontak telepon / WhatsApp: 0812-1907-4512

Mari selesaikan urusan perceraian Anda bersama pengacara perceraian di Kantor Hukum Jakarta sekarang!

Tinggalkan komentar

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.