Cara Mengajukan Surat Permohonan Cerai di Pengadilan

Beranda » Artikel » Hukum Keluarga » Cara Mengajukan Surat Permohonan Cerai di Pengadilan

Kasus perceraian sangat sering dialami oleh berbagai jenis kalangan masyarakat yang ada di Indonesia. Hal tersebut tentu terjadi karena beberapa faktor seperti ketidakcocokan, masalah ekonomi, kehadiran orang ketiga, kekerasan dalam rumah tangga dan berbagai jenis faktor lainnya. Jika mengalami hal tersebut dan ingin berpisah, Anda bisa mengetahui bagaimana cara untuk mengajukan surat permohonan cerai yang mudah dan cepat di sini.

Surat permohonan cerai yang diajukan kepada pengadilan tentu saja harus dilakukan dengan beberapa tahap seperti mediasi, menghadirkan saksi melakukan persidangan dan berbagai jenis tahapan lainnya. Untuk lengkapnya simak artikel di bawah ini!

Langkah-langkah Mengajukan Surat Permohonan Cerai

Pernikahan merupakan salah satu bentuk hubungan yang disahkan secara Agama dan hukum. Oleh karena itu jika terjadi perceraian maka Anda juga harus melalui proses hukum tersebut. Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengajukan surat permohonan cerai antara lain:

Menyediakan Dokumen yang Dibutuhkan

Beberapa jenis dokumen yang harus dipenuhi untuk melakukan gugatan cerai ialah seperti fotocopy surat nikah, surat nikah asli, surat keterangan dari Kelurahan,  fotocopy kartu keluarga, akte kelahiran anak, KTP, materai dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan dokumen tersebut harus disiapkan sesuai dengan urutan penggunaannya dalam gugatan. Jika merasa kesulitan untuk melakukan proses tersebut, Anda bisa langsung menghubungi tim kantor hukum Jakarta yang akan membantu persiapan gugatan menjadi lebih mudah.

Mendaftarkan Gugatan Cerai Ke Pengadilan

Setelah kelengkapan dokumen sudah disiapkan, Anda bisa langsung pergi ke pengadilan agama setempat. Anda bisa menanyakan kepada pengadilan tersebut bagaimana proses atau tahapan untuk melakukan perceraian.

Namun kondisi dari perceraian tentu saja akan membuat stress dan tertekan. Anda dapat menghubungi kami untuk membantu untuk mendaftarkan gugatan ke pengadilan.

Memohon Surat Cerai

Dalam mendaftarkan perkara ke pengadilan, Anda diharuskan menyiapkan surat gugatan cerai yang berisikan tentang identitas para pihak, kasus posisi dan tuntuan yang anda inginkan.

Di dalam sebuah surat permohonan cerai tentu saja dilampirkan banyak sekali unsur penyebab perceraian seperti penelantaran, penganiayaan, pertengkaran dan alasan-alasan lainnya.

Setiap alasan tentu saja akan ditanyai secara detail fakta dari keterangannya. Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan komunikasi dengan pihak hukum maka kami bersedia untuk membantu dengan senang hati.

Menyiapkan Biaya Perceraian

Semua proses perceraian tentu saja membutuhkan biaya untuk kebutuhan administrasinya. Anda harus menyiapkan beberapa jenis biaya yang digunakan untuk mengajukan surat perceraian tersebut.

Biaya yang dimaksud untuk biaya pendaftaran, biaya materai, biaya redaksi, biaya ATK dan biaya pengadilan itu sendiri. Semua biaya yang dikeluarkan oleh pengadilan tentu saja berbeda-beda. Semua didasarkan pada keadaan para pihak yang sedang bersengketa,

Memahami Proses Persidangan

Setelah melakukan pembayaran, administrasi dan semua hal yang disebutkan pada tahapan sebelumnya kini Anda akan harus memahami proses dari pengadilan.

Pertama tentu saja pengadilan memberikan sebuah sidang mediasi yang digunakan untuk memediasi kedua belah pihak agar tidak terjadi perceraian.

Jika kedua belah pihak sudah tidak lagi ingin bersama maka pengadilan akan melanjutkan persidangan tersebut dengan membacakan surat gugatan perceraian yang diberikan.

Walaupun tergugat tidak datang untuk memenuhi panggilan, pengadilan tetap bisa memutuskan sebuah hasil dari persidangan perceraian dengan beberapa pertimbangan dan fakta. Ingin proses persidangan terasa lebih ringan? hubungi kami disini!

Surat Permohonan Cerai Mudah dengan Bantuan Kantor Hukum Jakarta

Dalam sebuah persidangan tentu saja banyak sekali pengetahuan hukum yang harus diketahui. Jika Anda tidak memiliki kemampuan tersebut, kami siap membantu menyampaikan apa saja yang menjadi kesulitan dalam menjalani pernikahan tersebut kepada pengadilan.

Kami juga dapat membantu untuk mengajukan berbagai jenis tuntutan ke pengadilan seperti masalah hak asuh anak, harta gono gini bahkan kerugian yang bisa digantikan oleh tergugat jika diketahui adanya kesengajaan melakukan penipuan dalam sebuah pernikahan.

Di zaman sekarang sudah banyak sekali jenis pernikahan yang didominasi dengan berbagai hal negatif, oleh karena itu pastikan selalu memilih pasangan yang benar-benar bertanggung jawab sebelum menikah.

Dengan beberapa tahapan di atas tentu saja Anda sudah memahami bagaimana cara untuk mengajukan surat permohonan cerai ke pengadilan.

Untuk proses yang jauh lebih mudah, Anda bisa langsung menghubungi kantor hukum Jakarta. Kami merupakan jasa pengacara yang telah berpengalaman di bidang perceraian selama bertahun-tahun.

Kami membantu menyelesaikan berbagai jenis kasus perceraian yang ada di Indonesia dengan hasil yang memuaskan. Kami dapat membantu Anda untuk menyelesaikan permasalahan perceraian ini dengan sangat baik di pengadilan.

Dengan menggunakan jasa pengacara tentu saja Anda bisa menjawab semua pertanyaan dari pengadilan dengan lebih kuat dimata hukum. Tenang saja, biaya yang dibutuhkan untuk mengurus sebuah perceraian bersama Kantor Hukum Jakarta sangat terjangkau. Dapatkan informasi biaya  mengajukan surat permohonan cerai ke pengadilan agama disini!

Email: [email protected]

Kontak telepon / WhatsApp: 0812-1907-4512

Mari selesaikan urusan perceraian Anda bersama pengacara perceraian di Kantor Hukum Jakarta sekarang!

Tinggalkan komentar

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.