Pengacara Hukum Pidana, Tugas dan Harganya

Homepage » Artikel » Pengacara dan Advokat » Pengacara Hukum Pidana, Tugas dan Harganya

Bagi seseorang yang tidak mengerti tentang dunia hukum, dan tiba-tiba harus berurusan dengan hukum, maka perlu untuk menggunakan bantuan pengacara untuk meminta bantuannya. Menyewa pengacara juga tidak bisa sembarangan, harus dibedakan antara pengacara hukum pidana dengan pengacara kasus hukum lainnya.

Pada umumnya, pengacara akan bertugas mendampingi kliennya dan memberikan bantuan hukum selama proses hukum berlangsung. Selain itu, pengacara juga bisa menjadi juru bicara sekaligus membantu agar klien mendapatkan keputusan yang tepat.

Pengertian Pengacara Hukum Pidana

Pengacara dari hukum pidana adalah seorang pengacara atau advokat yang memberikan bantuan hukum dalam kasus pidana. Adapun pengertian pidana sendiri adalah perbuatan melanggar hukum yang dalam undang-undang diatur untuk mendapatkan sanksi atau hukuman. Seperti pembunuhan, pencurian, korupsi sampai terorisme.

Dalam istilah dunia hukum, pengacara yang menangani kasus hukum pidana disebut juga dengan pengacara pembela kriminal. Meskipun status klien adalah kriminal karena dikaitkan dengan perbuatannya, namun pengacara bisa memperjuangkan hak-hak klien untuk mendapatkan keadilan.

Jika kasus yang dihadapi cukup berat seperti kasus pidana dimana klien berpotensi besar mendapatkan sanksi atau hukuman berat. Pengacara yang ditunjuk oleh pengadilan atau pihak keluarga harus benar-benar memahami kasus yang dihadapinya.

Sebab pengacara yang ditunjuk akan mendampingi kliennya untuk memberikan nasihat dan bantuan hukum supaya mendapat putusan majelis hakim yang sesuai.

Tugas Pengacara Hukum Pidana

Sebagai pengacara yang memberikan bantuan hukum, tugas pengacara tidak hanya mendampingi kliennya. Ada beberapa tugas yang harus dilakukan pengacara selama proses hukum berjalan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai wakil dan juru bicara klien
  2. Mendampingi klien selama proses hukum berjalan
  3. Memberikan nasihat dan bantuan hukum untuk klien
  4. Membela klien sesuai fakta dan pertimbangan
  5. Mencegah terjadinya kecurangan
  6. Mencegah timbulnya perlakuan semena-mena pada klien
  7. Sebagai negosiator untuk klien

Proses hukum yang harus dijalani untuk kasus pidana antara lain penyelidikan, penyidikan, penuntutan, persidangan, sampai putusan Majelis Hakim. Selama proses hukum berjalan, pengacara bersama kliennya akan mencari saksi dan meminta keterangan darinya, menyusun bukti-bukti dan menyampaikannya saat persidangan, sampai menghadapi putusan Majelis Hakim.

Sebelum Penggunakan Pengacara, Perhatikan Tarifnya

Sebelum memutuskan untuk memilih seorang pengacara, tanyakan dengan pasti berapa biaya bantuan pengacara tersebut. Sesuaikan harga yang ditawarkan dengan bantuan hukum yang diberikan oleh pengacara. Sebab harga harus sesuai dengan bantuan hukum yang diberikan.

Honor pengacara meliputi biaya batuan yang bergantung pada tingkat kesulitan kasus, biaya operasional, serta jam terbang pengacara. Tidak dipungkiri bahwa semakin banyak jam terbang pengacara dalam memenangkan gugatan, maka harganya pun semakin mahal.

Selain honor, beberapa kantor hukum ada juga yang menerapkan succes fee jika berhasil memenangkan gugatan klien. Oleh karena itu lebih baik Anda meminta rincian biaya pengacara hukum ini sebelum menyewanya.

Pengacara Hukum Terbaik

Batuan pengacara memang dibutuhkan untuk mendampingi selama proses hukum berjalan. Pengacara dengan pengetahuannya di bidang hukum bisa memantau jalannya proses hukum dari awal sampai akhir berlangsung dengan adil.

Bagi anda yang akan menyewa pengacara untuk kasus pidana, pastikan menjelaskan dengan rinci kasus yang sedang dihadapi. Pengacara yang paham dengan kasus yang sedang dihadapi pasti bisa menyusun langkah-langkah atau strategi yang pas dan sesuai.

Nah, jika anda sedang membutuhkan batuan pengacara untuk menangani kasus hukum pidana yang handal, percayakan kepada Kantor Hukum Jakarta. Kami memiliki beberapa pengacara yang profesional dan mumpuni di bidangnya. Termasuk pengacara hukum pidana.

Untuk informasi lebih lanjut segera kunjungi website resmi Kantor Hukum Jakarta melalui link ini.

Email: [email protected]

Kontak telepon / WhatsApp: 0812-1907-4512

Mari selesaikan urusan masalah hukum Anda bersama para pengacara di Kantor Hukum Jakarta sekarang!

===/

Tinggalkan komentar

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.