Cara Mengurus Perceraian Sendiri

Homepage » Artikel » Hukum Keluarga » Cara Mengurus Perceraian Sendiri

Menyudahi sebuah hubungan perkawinan bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. terdapat banyak aspek yang harus menjadi perhatian sebelum memutuskan untuk bercerai.

Akan tetapi yang terpenting adalah persiapan akan fisik dan mental saat mengambil sebuah keputusan.  Sangat mungkin keputusan yang diambil dengan tergesa-gesa dan penuh rasa emosi akan memberikan sebuah penyesalan di kemudian hari.

untuk mengetahui pertanyaan seputar proses perceraian di indonesia, silahkan membaca artikel Proses Perceraian (FAQ) sehingga anda mendapatkan informasi yang cukup tentang proses perceraian.

Banyak sekali di Indonesia, lebih khususnya di Jakarta para pihak mengurus perceraian mereka sendiri. Walaupun proses perceraian berjalan dengan cukup rumit, akan tetapi hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Dengan perbanyak pengetahuan tentang tata cara perceraian dan jangan malu bertanya mengenai cara dan tips perceraian merupakan kunci keberhasilan.

jika anda ingin mengetahui jasa seorang pengacara perceraian selain mengurus perceraian, silahkan baca artikel jasa lain seorang pengacara perceraian

Beberapa Hal Yang Sering Menjadi Pertanyaan Dalam Mengurus Perceraian Sendiri

Apakah Perbedaan Proses Perceraian Agama Islam Dan Non Muslim?

Untuk pasangan yang beragama islam, maka proses perceraiannya dilakukan di Pengadilan Agama. Dan untuk pasangan non muslim, maka proses perceraiannya dilakukan di Pengadilan Negeri.

Pada Agama Katholik, selain proses perceraian yang dilakukan berdasarkan hukum nasional adapula yang harus dilakukan ialah pembatalan pernikahan berdasarkan hukum gereja.

Baca Juga : Berapakah kisaran biaya jasa pengacara perceraian untuk menguru perceraian sampai tuntas? Silahkan baca selengkapnya di artikel biaya jasa pengacara di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga : Dalam mengetahui langkah dan tahapan mengurus perceraian, silahkan baca artikel 20 langkah yang terbukti tepat menghadapi perceraian

Bagaimana proses perceraian jika dalam pernikahan anda telah dikaruniai anak

Pada umumnya anak yang belum cukup umur akan mengikuti kehadiran dari ibu. Kecuali dari pihak Bapak, dapat membuktikan bahwa dengan berada dalam hak asuhnya anak mendapatkan sesuatu yang lebih bermanfaat dari pengasuhan yang dilakukan ibunya.

Untuk anak yang sudah berumur 12 tahun, anak akan diminta pendapatnya tentang proses perceraian dan pengasuhan oleh pengadilan.

Baca juga : Untuk mengetahui biaya memakai pengacara perceraian baik di Pengadilan Agama maupun Pengadilan Umum, silahkan baca estimasi biaya pengacara perceraian di Jakarta

Apakah istri berhak menggugat cerai suaminya?

Mayoritas dari perceraian yang terjadi di Indonesia berasal dari gugatan istri yang menggugat suaminya. Tentu saja istri memiliki hak untuk menggugat cerai, dan di bantu penjatuhan talak atau cerai melalui putusan pengadilan.

Baca juga : untuk mengetahui macam-macam perceraian Islam, silahkan baca Beberapa Macam Perceraian Dalam Islam Di Indonesia.

Bagaimana jika saat perceraian buku nikah atau akta perkawinan hilang?

Buku nikah ataupun akta perkawinan merupakan dokumen inti dari proses perceraian. Karena hal itu merupakan keterangan yang sah dan tidak terbantahkan dari adanya suatu perkawinan suatu pasangan. Tanpa ada itu pengadilan akan menolak gugatan anda.

Jika dalam persiapan perceraian, ternya buku nikah atau akta perkawinan anda hilang atau berada di tempat yang membahayakan anda, maka anda dapat mengurusnya ke Kantor Urusan Agama ataupun Kantor Catatan Sipil. Tentu saja sebelumnya anda harus membuat laporan di kepolisian.

Baca juga: mengurus perceraian dari luar negeri tidaklah sulit, silahkan baca artikel mengurus perceraian di luar negeri.

Berapa lama waktu persidangan perceraian di Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Agama ?


Jangka waktu perceraian di pengadilan negeri dan di pengadilan agama tadak berbeda jauh. Suatu persiadangan perkara perceraian biasanya memakan waktu sampai 6 bulan. Akan tetapi tahapan di pengadilan negeri dengan pengadilan agama terdapat perbedaan.

Baca juga : Apakah pasangan yang beragama katholik tidak mungkin bercerai di Indonesia? silahkan baca artikel Perceraian Katholik di Indonesia

Bagaimana proses perceraian jika pasangan saya orang asing?


Jika pasangan anda ialah orang asing, maka anda harus melihat dokumen pernikahan anda dengan teliti. Legalitas perkawinan pasangan campuran lebih banyak ketimbang pasangan biasa. Jangan sampai teradapat dokumen yang akan menghambat perceraian anda.

Baca juga: Mengurus perceraian dari luar negeri tidak perlu bingung, silahkan ikuti langkahnya dalam artikel 10 langkah mengurus perceraian di luar negeri.
cara mengurus perceraian sendiri 2018

Bagaimana proses perceraian jika saya atau pasangan saya berstatus PNS


Jika anda ataupun pasangan anda berstatus Pegawai Negeri Sipil, maka anda yang tergesa-gesa mendaftarkan gugatan perceraian. Anda harus mendapatkan izin bercerai dari instansi tampat anda atau pasangan anda bekerja.

Baca juga: artikel 3 Tahap Izin Atasan Untuk Perceraian PNS bagi anda yang berstatus PNS tetapi memiliki masalah rumah tangga dengan pasangan anda.
Jika belum mendapatkan izin bercerai, maka gugatan anda akan ditolak dan mungkin saja mendapatkan sanksi.

Baca juga : Punya suami PNS yang selingkuh? silahkan baca artikel hak istri PNS korban perselingkuhan

Author:
Triadi Surya Iqbal dan Imam Hadi Wibowo

Untuk Konsultasi dan Pendampingan Hukum silahkan menghubungi kami pengacara perceraian terbaik hanya untuk anda.

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.

%d blogger menyukai ini: