6 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menggunakan Pengacara Perceraian

Beranda » Artikel » Hukum Keluarga » 6 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menggunakan Pengacara Perceraian

Sebelum memutuskan untuk menggunakan pengacara perceraian, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya tidak merugi dikemudian hari. Karena proses perceraian anda sudah akan cukup menguras fisik dan mental, dan Anda tidak perlu menambah masalah lagi dengan pengacara perceraian.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menggunakan Pengacara Perceraian

Hal yang terpenting dalam memilih layanan bantuan pengacara perceraian adalah Anda harus melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang penyedia layanan pengacara yang akan dipilih. Dengan begitu Anda akan bisa lebih mudah menemukan tim pengacara terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu untuk mendampingi Anda sampai proses perceraian selesai.

Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan dan pertimbangkan sebelum akhirnya memilih untuk menggunakan pengacara perceraian:

1. Memastikan Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkan Bantuan Pengacara Perceraian atau Tidak

Sebenarnya, tidak semua jenis perceraian akan membutuhkan bantuan pengacara, terutama bagi Anda belum memiliki harta yang melimpah dan belum dikaruniai anak. Anda bisa benar-benar mempertimbangkan untuk menggunakan bantuan pengacara perceraian jika Anda mengalami satu atau lebih kondisi di bawah ini:

Timbul Masalah Yang Pelik Antara Anda Dan Pihak Lawan

Beberapa contoh masalah yang mungkin muncul adalah perebutan hak asuh anak ataupun pembagian harta gono-gini. Pengacara nantinya akan membantu Anda untuk menuntut dan melakukan negosiasi dengan pihak pasangan anda sampai akhirnya semua tuntutan dan hak-hak Anda terakomodasi.

Pihak Lawan Sudah Lebih Dulu Menyewa Pengacara Perceraian

Menggunakan bantuan pengacara perceraian dapat membantu Anda mempertahankan hak-hak, terutama untuk masalah pembagian aset atau perebutan hak asuh anak yang rumit.

Pihak Lawan Dikhawatirkan Melakukan Tindakan-Tindakan Yang Tidak Diinginkan, Seperti Berbohong, Memanipulasi, Dan Sebagainya

Pada banyak kasus, tugas Pengacara perceraian juga berperan sebagai penengah (mediator) yang akan melindungi Anda dari pihak lawan yang mungkin akan merugikan.

Pihak Lawan Berisiko Melakukan Kekerasan Pada Anda

Untuk kondisi ini, sebaiknya Anda segera menyewa pengacara perceraian secepat mungkin untuk memastikan keamanan diri Anda sendiri dan mungkin anak-anak Anda.

2. Meminta Rekomendasi Pada Teman atau Keluarga

Jika Anda memiliki teman atau anggota keluarga yang sudah pernah bercerai atau setidaknya mengetahui tentang urusan proses hukum perceraian, tidak ada salahnya bertanya untuk meminta rekomendasi pengacara perceraian.

Orang-orang yang sudah berpengalaman seperti ini biasanya sudah mengetahui layanan pengacara seperti apa yang sebaiknya akan membantu dan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Dari teman atau keluarga ini Anda juga bisa mendapatkan informasi yang lebih detail dan terpercaya seputar biaya atau tarif pengacara. Anda bisa menanyakan dengan lebih nyaman tentang biaya apa saja yang akan ditagihkan dan apakah nantinya akan ada biaya-biaya tambahan yang diminta dalam prosesnya.

Anda juga mungkin akan bisa mendapatkan gambaran tentang kepribadian dan sistem kerja dari pengacara perceraian, mulai dari apa saja yang akan ditanyakan saat pertemuan bersama atau bagaimana tanggapannya saat menghadapi banyak pertanyaan atau permintaan dari klien.

Walaupun begitu, Anda perlu ingat juga kalau hubungan antara pengacara dan klien adalah personal dan tergantung pada situasi dan kondisi yang terjadi. Jadi, bisa saja rekomendasi yang Anda dapatkan dari teman atau keluarga tidak sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

3. Melakukan Riset Online

Di dunia serba internet seperti sekarang, salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan sebelum memutuskan menggunakan bantuan pengacara perceraian adalah melakukan riset secara online. Anda bisa melakukan riset melalui website, blog, atau bahkan postingan-postingan di media sosial.

Melalui sumber-sumber dari media online, Anda bisa mencari berbagai informasi seputar contoh kasus yang pernah ditangani, pengalaman dengan klien, lokasi kantor tim pengacara, hingga biaya atau tarif yang ditawarkan.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah, jangan mudah mempercayai semua hal yang tertulis di dunia online tanpa bukti yang jelas. Jangan sampai Anda salah memilih pengacara perceraian hanya karena rumor tidak berdasar yang beredar di internet.

4. Memastikan Kredibilitas Tim Pengacara Perceraian

Belakangan ini sudah semakin marak penipuan yang berkedok pengacara perceraian palsu. Anda harus waspada dan memastikan terlebih dulu kredibilitas dari layanan bantuan pengacara perceraian yang akan Anda pilih.

Salah satu yang perlu Anda periksa pertama kali adalah ada atau tidaknya izin pengacara dari asosiasi advokat yang berlaku secara resmi di Indonesia. Salah satu contohnya adalah PERADI atau Persatuan Advokat Indonesia.

Jika Anda tidak menemukan izin pengacara ini di website resminya, Anda berhak untuk menanyakan langsung kepada pengacara yang bersangkutan dan meminta buktinya.

5. Mengunjungi Website Resmi Pengacara Perceraian

Mengunjungi website resmi dari layanan bantuan pengacara perceraian yang akan Anda pilih bisa memberikan gambaran tentang kinerja dari tim pengacara yang bersangkutan. Secara umum, Anda bisa memperhatikan beberapa informasi penting pada website tersebut, seperti:

  • Ada tidaknya artikel-artikel yang informatif dan mengedukasi tentang hukum dan atau layanan bantuan hukum yang ditawarkan
  • Apakah tim pengacaranya sudah berpengalaman atau belum, jika sudah, pengalamannya sudah berapa tahun. Pada beberapa website Anda mungkin juga akan menemukan review, testimoni, contoh kasus, atau bidang spesialisasi tertentu dari tim pengacara tersebut.
  • Biodata dari tim pengacara. Ini penting karena nantinya Anda akan banyak berhubungan langsung dengan mereka. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan sebagainya.
  • Biaya atau tarif yang diminta. Jika tidak tercantum, Anda bisa juga menghubungi kontak yang tersedia untuk menanyakan lebih lanjut.

6. Cek Kembali Track Record atau Pengalaman Kerja dari Tim Pengacara Perceraian

Dalam dunia hukum, track record sangatlah penting, dan Anda juga tidak boleh terlewat untuk mengecek hal ini sebelum memutuskan untuk sewa pengacara perceraian.

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah memastikan tim pengacara perceraian yang akan Anda pilih tidak memiliki record banyak komplain yang berlebihan dari klien atau bahkan pernah mendapatkan tindakan disipliner sebagai hukuman.

Misalnya, Anda mungkin perlu mempertimbangkan kembali layanan bantuan pengacara perceraian yang terkenal tidak responsif dan sering tidak menjawab telepon dan chat dari klien ataupun pengacara perceraian yang sebelumnya pernah ditangguhkan izin pengacaranya karena melanggar aturan.

Mendapatkan Bantuan dari Pengacara Perceraian Terpercaya Hanya di Kantor Hukum Jakarta

Sebagai salah satu kantor yang menyediakan layanan sebagai pengacara perceraian, Kantor Hukum Jakarta sangat memahami kehati-hatian dan kewaspadaan Anda dalam memilih jasa pengacara yang terbaik dan terpercaya.

Di Kantor Hukum Jakarta, kami menyediakan jasa penyediaan bantuan hukum untuk berbagai permasalahan keluarga, seperti perceraian, pembagian harta gono-gini, pengaturan warisan, pemberian hak asuh anak, dan sebagainya.

Kami sudah memiliki banyak pengalaman dalam membantu banyak klien, dan semua tim pengacara perceraian kami juga sudah memiliki izin resmi, berpengalaman, dan pastinya profesional.

Kantor Hukum Jakarta akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memberikan layanan pendampingan perceraian yang terbaik untuk Anda. Untuk informasi lebih lengkap seputar sewa pengacara perceraian dan jasa bantuan hukum kami.

Email: [email protected]

Kontak telepon / WhatsApp: 0812-1907-4512

Mari selesaikan urusan perceraian Anda bersama pengacara perceraian di Kantor Hukum Jakarta sekarang!

Tinggalkan komentar

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.