Berapakah Biaya Pengacara Perceraian di Indonesia?

Homepage » Artikel » Hukum Keluarga » Berapakah Biaya Pengacara Perceraian di Indonesia?

Menggunakan bantuan dari pengacara perceraian menjadi salah satu solusi bagi pasangan suami istri yang ingin menggugat cerai dengan cara yang lebih efisien dan tidak rumit. Namun yang menjadi kendala bagi sebagian besar orang khususnya untuk masyarakat dari ekonomi menengah kebawah adalah biaya pengacara perceraian.

Biaya pengacara perceraianumumnya mahal bagi beberapa kalangan, namun hal ini sebenarnya sebanding dengan layanan yang diberikan dan keuntungan yang didapatkan apabila menggunakan jasa pengacara perceraian.

Sebenarnya, biaya yang dikeluarkan tersebut relatif berbeda sesuai kerumitan kasus yang akan ditangani. Tidak semua mencapai ratusan juta hingga milyaran. Mari kita simak berapa kisaran biaya pengacara perceraian pada artikel ini.

Kisaran Biaya Pengacara Perceraian dan Rekomendasi Tim Pengacara Terbaik

Mengenai biaya pengacara perceraian, pada dasarnya tidak ada standar baku. Dalam pasal 21 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat) menerangkan bahwa advokat berhak menerima honor atas jasa yang diberikan.

Akan tetapi, tidak ada harga pasti mengenai honorarium seorang advokat. Jumlah honoraroim pengacara perceraian ditentukan berdasarkan persetujuan kedua belah pihak antara si pengacara dengan kliennya.

Umumnya, pada awal perjanjian pengacara biasanya menawarkan kisaran biaya dengan dua skema pembayaran, yaitu secara lump sum atau pembayaran tunai dan atau hourly-basis dihitung per jam. Dalam skema pembayaran ini, klien diminta untuk menentukan skema mana yang cocok berdasarkan kemampuan finasial dan kebutuhannya pemenuhan haknya.

Salah satu tips dalam menemukan pengacara perceraian yang terbaik yaitu dengan mempertimbangkan biaya bantuannya. Biaya pengacara perceraian yang terbaik adalah yang menawarkan biaya jasa yang wajar bukan soal tinggi rendahnya besaran biaya.

Besaran biaya pengacara perceraian memang sesuatu yang subjektif, karena setiap pengacara menawarkan biaya jasa yang berbeda-beda, tidak semuanya mematok tarif yang sama.

Hal diatas salah satunya dikarenakan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki oleh sang pengacara. Jadi, besaran biaya ini merupakan bentuk keputusan klien dalam menghargai jasa pengacara yang telah membantu kasusnya.

Besarnya biaya juga bergantung pada pengalaman pengacara tersebut dalam membantu menangani kasus-kasus hukum.

Rekomendasi tim jasa pengacara terbaik dan berpengalaman dalam menangani berbagai kasus hukum dan perceraian adalah tim pengacara dari Kantor Hukum Jakarta.

Kantor Hukum Jakarta terdiri tim pengacara yang expert di bidangnya. Dalam membantu menangani kasus perceraian, Kantor Hukum Jakarta menawarkan biaya pengacara perceraian yang wajar dengan layanan jasa yang maksimal dan berpengalaman.

Sebelum menggunakan layanan kami, Anda bisa mengkonsultasikan kasus Anda terlebih dahulu pada kami. Setelah itu, baru ditentukan kisaran tarif yang sesuai bagi kami dalam membantu kasus Anda.

Anda juga bisa mengunjungi situs kami terlebih dahulu untuk membaca testimoni dari para klien yang telah menggunakan jasa kami.

Ada banyak klien yang mempercayakan jasa kami karena dalam menangani berbagai kasus, kami selalu substantif, solutif, fleksibel, inovatif, tuntas, dan efektif.

Info Terbaru Biaya Pengacara Perceraian di Indonesia

Biaya jasa pengacara perceraian tentunya berbeda-beda, misalkan di Pekanbaru, pada tahun 2018 kisaran dalam menggunakan layanan pengacara perceraian yaitu mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 50 juta. Perbedaan biaya juga dipengaruhi oleh dimana pengadilan mana gugatan tersebut diajukan.

Umumnya, jika ditangani oleh  Pengadilan Negeri, biayanya lebih besar yaitu mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 50 juta, sedangkan jika ditangani oleh Pengadilan Agama, kisaran biaya tersebut mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 25 juta saja.

Adapun untuk kasus perceraian yang berlanjut ke tingkat banding dan kasasi, umumnya pengacara membebankan biaya tambahan lagi. Biasanya kisaran biaya untuk banding tersebut berkisar Rp 25 juta, sedangkan untuk kasasi berkisar Rp 15 juta.

Sementara pada tahun 2022, biaya pengacara perceraian seperti di kota-kota besar Jakarta tidak jauh berbeda, yaitu berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 60 juta-an.

Biaya tersebut telah mencakup biaya keseluruhan, termasuk biaya pemeriksaan di pengadilan dan biaya layanan pengacara. Sedangkan dalam kasus-kasus yang lebih istimewa, dengan tingkat kerumitan yang lebih besar biasanya bahkan bisa menyentuh hingga ratusan bahkan milyaran.

Dalam membahas masalah biaya pengacara perceraian, sebelum kesepakatan ditentukan, pertama, Anda harus mendapatkan kepastian tentang besaran biaya, mengenai tata cara pembayaran, ruang lingkup dan pekerjaan pengacara yang akan membantu Anda, serta jangka waktu kesepakatan dan hal-hal lainnya.

Informasi di atas diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi Anda dalam menentukan besaran biaya jasa pengacara perceraian yang tepat dan wajar.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Jasa Pengacara Perceraian

Terkait dengan besarnya biaya pengacara perceraian, pada umumnya biaya dalam penanganan kasus perceraian 3 rincian yang mempengaruhinya:

1. Lawyer fee (jasa pengacara)

Setiap pengacara atau tim pengacara tentunya mematok tarif jasa yang berbeda-beda tergantung pada kasus dan juga lokasi pengajuan, seperti misalnya pada kasus dimana salah satu pihak tidak ingin bercerai, saksi yang tidak begitu kuat, atau misalnya lingkungan pengadilan yang dapat mengancam keamanan bagi pengacara. Namun secara umum kisaran biaya jasa pengacara perceraian ini biasanya berkisar Rp 8 juta hingga Rp 35 Juta, bahkan juga bisa mencapai angka ratusan juta.

Pada beberapa pengacara, biasanya ada yang mengenakan biaya success fee, biasanya hal ini bergantung pada tingkat pendidikan pengacara, misalnya pengacara tersebut memiliki pendidikan yang tinggi, pengalaman yang banyak, nama yang telah dikenal banyak orang atau dikarenakan pula tingkat kasus yang dinilai cukup berat.

2. Biaya Transport

Biaya transport tentunya dibutuhkan oleh pengacara, hal ini dikarenakan pengacara akan sering bolak balik menghadiri persidangan atau ke pengadilan untuk menangani kasus Anda. Besarnya biaya ini dipengaruhi oleh jauhnya jarak tempuh antara kantor dengan pengadilan tersebut.

Umumnya, perbedaan biaya transport ini juga dibedakan berdasarkan harga tiket kendaraan yang digunakan untuk perjalanan ke luar kota. Namun jika jarak antara kantor dan pengadilan dekat, biaya yang dikenakan biasanya berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta, Hal ini bisa dikomunikasikan bersama pihak pengacara untuk mencapai kesepakatan bersama.

3. Biaya Panjar Pengadilan

Pada setiap kasus perdata, baik kasus perceraian dan yang lainnya umumnya akan dikenakan biaya panjar di awal pengajuan gugatan. Biaya panjar di setiap pengadilan pun berbeda-beda bergantung pada jarak antara penggugat dengan yang tergugat dengan pengadilan setempat dimana diajukannya gugatan. Semakin jauh jarak tersebut maka biaya yang dibayarkan lebih besar, untuk kisaran biayanya yaitu mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta,

3 hal di atas yang mempengaruhi kisaran biaya pengacara perceraian yang harus dibayarkan, pastikan sebelum sepakat memutuskan untuk bekerjasama dengan pengacara dalam menangani kasus Anda, Anda perlu mengetahui beberapa hal di atas terlebih dahulu yang dilakukan dengan cara berkomunikasi dengan pengacara tersebut. Tim pengacara terbaik adalah yang menyediakan konsultasi gratis di awal dalam membicarakan permasalahan dasar, Kantor Hukum Jakarta adalah pilihan tepat.

5 Alasan Mengapa Banyak Yang Mempercayakan Kantor Hukum Jakarta

Kantor Hukum Jakarta dipercaya oleh banyak klien dari berbagai wilayah Indonesia, hal ini disebabkan karena beberapa hal berikut:

  1. Substantif: Kami menggali permasalahan Anda secara detail
  2. Solutif: Masalah terselesaikan dengan rencana penyelesaian dan tindak lanjut yang baik
  3. Efektif: Semua rencana tindak lanjut yang disarankan diajukan dengan pertimbangan yang tepat.
  4. Tuntas: Semua proses dan pelaksanaan dilakukan secara tuntas agar tidak terdapat resiko di kemudian hari
  5. Fleksibel: Proses pendampingan dilakukan dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan Anda
  6. Inovatif: Melayani klien dengan berbagai macam media dan kemudahan dalam berkonsultasi.

Percayakan Jasa Kantor Hukum Jakarta Dalam Membantu Kasus Anda

Bagi Anda yang sedang kebingungan dalam menemukan jasa pengacara terbaik, Kantor Hukum Jakarta adalah solusinya. Percayakan kami untuk membantu menangani kasus perceraian dan kasus hukum lainnya. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai biaya pengacara perceraian kami pada kontak yang tertera di situs kami.

Email: [email protected]

Kontak telepon / WhatsApp: 0812-1907-4512

Mari selesaikan urusan perceraian Anda bersama pengacara perceraian di Kantor Hukum Jakarta sekarang!

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.