Begini Contoh Surat kesepakatan  Cerai Baik dan Benar

Homepage » Artikel » Hukum Keluarga » Begini Contoh Surat kesepakatan  Cerai Baik dan Benar

Mengurus perkara perceraian di Pengadilan merupakan suatu hal yang kompleks dan banyak hal yang harus dipersiapkan. Mengetahui beberapa syarat/cara dalam mempercepat sebuah proses perceraian menjadi salah satu hal yang sangat penting. Pasangan suami dan istri yang sepakat untuk bercerai dapat membuat surat kesepakatan cerai yang berisi kesepakatan dua belah pihak (suami dan istri) untuk alasan yang mendasar dimana rumah tangga sudah tidak mungkin dipertahankan lagi.

Mengetahui Apa Itu Surat Cerai

Surat cerai atau surat kesepakatan cerai adalah sebuah surat pernyataan yang dibuat oleh istri yang mengajukan gugatan cerai kepada suami. Isi surat kesepakatan cerai yaitu sebuah pernyataan bahwa kedua belah pihak telah memutuskan sepakat untuk bercerai. Proses perceraian selanjutnya dapat diwakilkan oleh kuasa hukum atau pengacara yang telah ditunjuk oleh pihak yang bersangkutan. Namun meski demikian, surat pernyataan cerai ini tetap wajib dibuat oleh pihak yang bersangkutan yaitu istri. Jika ingin melayangkan gugatan cerai maka seseorang wajib untuk membuat pengajuan terlebih dahulu.

Dikutip dari buku yang berjudul “Hukum Perkawinan Indonesia” karya Prof. H. Hilman Hadikusuma, S.H. menjelaskan bahwa perceraian yang dilakukan oleh pihak yang menganut agama di luar Islam dapat diajukan ke Pengadilan Negeri. Gugatan cerai tersebut diajukan oleh penggugat atau kuasanya di pengadilan yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman tergugat, kecuali tergugat tidak diketahui tempat tinggalnya atau tergugat berada di luar negeri maka gugatan diajukan ke pengadilan tempat tinggal penggugat.  Sedangkan bagi yang beragama Islam, gugatan diajukan ke Pengadilan Agama dan dapat diajukan oleh suami maupun istri.

  1. Suami sebagai pemohon

Seorang suami yang ingin menceraikan istrinya, dapat mengajukan gugatan talak ke Pengadilan untuk mengadakan sidang guna menyaksikan ikrar talak di Pengadilan kediaman tergugat (istri). Namun akan lain apabila tergugat dengan sengaja meninggalkan tempat kediaman yang ditentukan bersama tanpa izin penggugat.  Dalam hal tergugat berada di luar negeri maka gugatan dapat diajukan ke pengadilan yang daerah hukumnya di  tempat perkawinan mereka dilangsungkan atau ke Pengadilan Agama.

  • Istri sebagai penggugat

Dalam kasus ini maka gugatan perceraian diajukan oleh istri atau kuasa yang mewakilkan ke pengadilan yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman penggugat, kecuali apabila penggugat dengan sengaja meninggalkan tempat kediaman tanpa seizin tergugat. Jika penggugat berada di luar negeri maka gugatan cerai dapat diajukan kepada pengadilan yang daerah hukumnya meliputi kediaman tergugat.

Cara Membuat Surat Kesepakatan Cerai yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui apa itu surat cerai, berikut adalah cara untuk membuat surat cerai yang umumnya digunakan.

  • Nama Surat : bagian pertama adalah nama surat pernyataan.
  • Identitas Pihak Pertama : Pihak yang menggugat (yang mengajukan gugatan cerai).
  • Identitas pihak Kedua : Pihak yang tergugat.
  • Isi Surat Pernyataan Cerai : Berisi tentang pernyataan kedua belah pihak sepakat untuk bercerai.
  • Penutup : Bagian penutup bisa berisi pernyataan lainnya.
  • Saksi-Saksi : Mencantumkan nama saksi yang terlibat dalam proses perceraian.
  • Materai : Tanda tangan dan materai.

SURAT KESEPAKATAN CERAI

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Pihak 1

Nama : ….

Umur : ….

Agama : ….

Pekerjaan : ….

Alamat : ….

Dalam hal ini disebut Pihak 1 adalah yang menggugat cerai

Pihak II

Nama : ….

Umur : ….

Agama : ….

Pekerjaan : ….

Alamat : ….

Dalam hal ini disebut pihak II adalah yang tergugat cerai

“Pada hari ini ….., kami menyatakan yang sebenar-benarnya dihadapan para saksi bahwa kami telah sepakat untuk berpisah dalam menjalani kehidupan rumah tangga, berdasarkan kemauan kami berdua tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.”

Demikian surat kesepakatan cerai ini kami buat dengan sebenar-benarnya secara sadar dan dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani.

Contoh diatas dapat digunakan sebagai patokan dalam pembuatan surat kesepakatan yang baik dan benar. Terdapat berbagai aspek yang perlu diperhatikan seperti adanya persetujuan antara pihak I dan pihak II, adanya isi surat yang jelas, terdapat saksi yang bersangkutan, dan bermaterai. Maka perlu adanya pengetahuan untuk dapat menyusun surat kesepakatan yang baik dan benar agar sah di mata hukum dan sesuai dengan aturan perundang-undangan lainnya.

Kelebihan Kantor Hukum Jakarta yang bisa Anda dapatkan

Kantor hukum Jakarta adalah sebuah kumpulan pengacara yang berlokasi du pusat kota Jakarta. Kami memberikan layanan terbaik bagi setiap permasalahan klien yang berada di wilayah Jabodetabek. Kami hadir untuk membantu memberikan solusi penyelesaian hukum yang sedang Anda hadapi, memberikan layanan pendampingan bagi Anda ketika bertemu dengan pejabat penting, menyusun rencana dan strategi secara menyeluruh dengan hitungan jangka waktu yang cermat sehingga akan membantu Anda selama masa penyelesaian masalah hukum tanpa mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk pengurusan surat kesepakatan cerai kami pun dapat membantu Anda. Berikut layanan yang kami tawarkan untuk Anda :

  1. Hukum Keluarga

Kami memberikan layanan hukum baik di dalam dan di luar pengadilan untuk Anda yang membutuhkan bantuan untuk permasalahan perkawinan, pengurusan dokumen surat pernyataan cerai dan perkara perceraian lainnya, pembagian harta gono-gini, sengketa pembagian harta warisan, dan hak asuh anak.

  1. Hukum Perdata

Kami memberikan layanan hukum baik di dalam dan di luar pengadilan untuk Anda yang membutuhkan bantuan dalam berbagai permasalahan seperti sengketa bisnis, sengketa komersial, wanprestasi, sengketa kepemilikan, dan sengketa keperdataan lainnya.

  1. Hukum Kepailitan dan PKPU

Kami memberikan layanan hukum baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk Anda yang membutuhkan bantuan dalam menangani permasalahan penyelesaian utang piutang baik sebagai debitor maupun kreditor.

  1. Judicial Review

Kami memberikan layanan hukum baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk Anda yang membutuhkan bantuan dalam membantu menyelesaikan permasalahan dengan adanya produk peraturan perundang-undangan baik pada forum Mahkamah konstitusi maupun Mahkamah Agung,

Kami hadir dengan waktu yang profesional untuk melakukan konsultasi hukum atas keluhan yang anda rasakan. Kami berupaya untuk selalu mendengarkan dan mengerti keinginan Anda terhadap penyelesaian masalah dengan menggunakan pengalaman yang telah kami miliki sebagai pengacara dan advokat selama bertahun-tahun. Kami  juga memberikan tim yang solid dan berintegritas untuk membantu menangani permasalahan Anda mulai dari urusan surat kesepakatan perceraian, sengketa bisnis, hingga utang piutang. Mari bekerja sama dengan kami untuk menyelesaikan masalah dengan solusi yang praktis dan obyektif.

Email: [email protected]

Kontak telepon / WhatsApp: 0812-1907-4512

Mari selesaikan urusan perceraian Anda bersama pengacara perceraian di Kantor Hukum Jakarta sekarang!

Tinggalkan komentar

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.