3 Keuntungan Menggunakan Bantuan Advokat Perceraian

Homepage » Artikel » Hukum Keluarga » 3 Keuntungan Menggunakan Bantuan Advokat Perceraian

Advokat perceraian diperlukan untuk mendampingi klien dalam mengurus poses divorce. Meski bisa diurus tanpa bantuannya, namun perannya cukup membantu.

Mengurus proses perceraian dapat menguras tenaga dan pikiran. Perseteruan antara pasangan yang sebelumnya rukun dan hidup bersama dapat menguras emosi. Ini yang bisa menyebabkan Anda akan berpikir kurang logis.

Keuntungan Menggunakan Jasa Advokat Perceraian

Meski dulu sepasang suami istri, ketika rumah tangga menjurus ke perpisahan, hubungan bisa berubah menjadi permusuhan. Saling menyerang dan saling menjatuhkan sangat mungkin terjadi pada rumah tangga anda.

Anda membutuhkan bantuan dari advokat perceraian untuk mendampingi. Advokat bertugas menjadi perpanjangan tangan dan partner mencari solusi berdasarkan hukum yang berlaku.

Siapakah Advokat Perceraian?

Pengacara atau yang dikenal juga dengan advokat adalah seseorang atau tim yang mengerti tentang bagaimana hukum ditegakan dan dijalankan. Tugasnya membantu klien dalam menyelesaikan masalah secara legal.

Seorang advokat dalam kasus perceraian bertugas untuk membantu klien memenangkan perkara. Yang tidak dibenarkan menghasut pihak yang berseteru.

Angka Perceraian Di Indonesia

Tahukah Anda, apa saja yang menyebabkan terjadinya perceraian?

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk mengakhiri kehidupan rumah tangganya. Ini bisa terjadi karena sebab dari dalam maupun luar dari kedua pasangan tersebut. Berikut beberapa sebab terjadinya perceraian:

1. Pasangan yang Terburu-buru Memutuskan Menikah

Berumah tangga tidak dapat hanya bermodal cinta, tetapi juga sikap optimis dan kemampuan untuk tetap bersama. Emosi kurang stabil, belum bisa memahami pasangan seutuhnya menyebabkan emosi yang gampang tersulut dan mengambil jalan pintas, yaitu berpisah

2. Egois

Sikap egois dari pasangan bisa menjadi pemicu perceraian. Untuk dapat langgeng kedua pihak harus saling mengalah, menerima keadaan dan saling menghargai. Namun ternyata banyak yang tidak bisa melakukannya. Ujungnya akan berselisih terus menerus sampai berakhir dengan perpisahan.

3. Turut Campur Tangan Keluarga Besar

Mungkin ada yang menganggap orang tua harus mengetahui semua hal yang terjadi pada anaknya. Sedangkan si anak sudah memasuki jenjang perkawinan. Turut campur tangan keluarga besar dalam permasalahan rumah tangga sering kali dapat memperkeruh suasana.

Terlebih lagi jika sudah menyentuh soal harga diri keluarga besar. Maka sudah tidak ada jalan keluar lain selain berpisah.

4. Salah Satu Tidak Menjalankan Kewajiban

Sebagai contoh, suami tidak bekerja untuk jangka waktu yang cukup lama, dan parahnya hanya mengandalkan gaji istri untuk menghidupi keluarga. Sampai pada satu titik dimana istri sudah tidak tahan lagi dengan keadaan tidak adil tersebut, maka ujungnya adalah sang istri menuntut perpisahan. Untuk memudahkan Anda dalam proses ini, perlu pengacara perceraian.

5. Ekonomi

Persoalan memenuhi kebutuhan hidup bisa menjadi penyebab terjadinya perceraian. Sikap dewasa dalam menghadapi kondisi finansial seringkali dapat menguatkan pasangan untuk tetap bersama meski dalam keadaan sulit.

Peran Advokat Dalam Perceraian

Peran advokat perceraian dapat memperlancar proses. Pihak yang mengerti hukum ini akan mendampingi klien untuk mengurus semua berkas administrasi dan menyiapkan pembelaan. Berikut perannya:

  • Identifikasi masalah yang terjadi. Informasi ini akan menjadi bekal bagi pengacara perceraian untuk memberikan nasehat hukum, pembelaan maupun mengajukan tuntutan.
  • Menyiapkan rumusan gugatan yang merupakan materi dalam persidangan. Gugatan yang terlalu lemah dalam menjelaskan pokok persoalan, dasar hukum dan tuntutan kemungkinan besar akan ditolak oleh Pengadilan baik di Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri.
  • Membantu klien untuk menyiapkan semua berkas yang diperlukan dalam pengajuan tuntutan sehingga proses dapat berlanjut.
  • Melihat perkembangan kasus dan menyiapkan langkah untuk antisipasi adanya perlawanan dari pihak lain.
  • Menjadi pihak yang mendampingi klien dalam mengurus berkas dan selama masa persidangan.
  • Menjadi tempat konsultasi bagi klien.

Apakah Bisa Mengurus Tanpa Pengacara Perceraian?

Keberadaan pengacara dalam perceraian bukanlah syarat utama pengajuannya gugatan dapat diproses di pengadilan. Selama semua berkas lengkap dan hakim menilai permohonan cerai memang layak diteruskan, maka proses perceraian akan berjalan sebagaimana mestinya.

Pengetahuan klien tentang hukum, proses, hak dan kewajiban setelah perceraian sering kali terbatas. Oleh karena itu advokat perceraian dibutuhkan untuk mendampingi sehingga proses berjalan lancar dan klien mendapat hak secara adil.

Berapa Kisaran Biaya untuk Menyewa Pengacara Dalam Perceraian?

Bagian ini menjadi bahan pertimbangan pasangan dalam proses perceraian. Biaya untuk menggunakan bantuan pengacara tidak kecil. Tentu saja klien harus menyiapkan dana tersebut sehingga mendapatkan bantuan hukum.

Namun ada yang berpikir praktis. Setelah perceraian terjadi, maka masalah ekonomi akan muncul. Biaya yang sebelumnya ditanggung bersama menjadi beban seorang diri.

Banyak yang berfikir dari pada untuk membayar pengacara lebih baik menyiapkan untuk masa depan, apalagi jika ada anak-anak. Sistem pembayaran advokat perceraian biasanya adalah:

  • Tarif sewa per jam: tarif atau biaya ini dihitung berdasar berapa lama Anda menggunakan jasanya. Misal untuk konsultasi dan penyiapan tuntutan.
  • Tarif total atau Borongan biasa dikenal dengan lump sum, jenis ini sudah menyeluruh dari pertama Anda menggunakan jasa pengacara perceraian sampai keluar putusan. Advokat akan melihat seberapa rumit dan kemungkinan untuk memenangkan perkara.

Angka besarnya biaya pengacara sangat variatif. Tergantung dari kasus dan lokasi. Untuk di kota besar angkanya bisa sangat lumayan, sedangkan di daerah pinggiran bisa cukup ringan bagi sebagian orang.

Cara Berkonsultasi Dengan Pengacara Perceraian

Saat ini hampir semua bidang tersentuh digitalisasi. Begitu juga urusan berkonsultasi dengan advokat perceraian. Anda tidak harus bertemu langsung dan menyampaikan informasi kasus perceraian. Cara bisa dengan:

1. Melalui Pesan WA

Jasa advokat untuk perceraian yang profesioal akan memberikan kemudahan pada klien dalam menyamapaikan semua pemasalahan dan berkonsultasi. Salah satunya dengan pesan melalui WA.

2. Dengan Telepon

Cara kedua adalah dengan menggunakan fasilitas telepon Anda bisa berbicara langsung dan berkonsultasi. Dengan demikian dapat langsung terjadi interaksi timbal balik sehingga advokat dapat dengan mudah memahami kasus yang terjadi.

3. Bertemu Langsung

Ketiga, menggunakan cara konvensional. Bertatap muka memang member banyak kelebihan. Komunikasi dapat lebih intensif dan terarah. Anda dapat berdiskusi dan meminta saran serta informasi kemungkinan apa saja yang bisa terjadi.

Keuntungan Menggunakan Jasa Advokat Dalam Perceraian

Advokat perceraian adalah profesi yang spesifikasi untuk menangani masalah perceraian. Dengan kehadirannya, klien tidak perlu berjuang sendiri namun ada yang mendampingi secara hukum. Keuntungannya adalah:

1. Klien Tidak Perlu Repot

Mengurus perceraian dengan menyiapkan berkas dan melalui birokrasi administrasi yang mungkin rumit dapat membuat suasana hati Anda semakin kacau. Mempercayakan pada Advokat perceraian adalah langkah yang tepat.

2. Anda Terbantu Dari Sisi Hukum

Anda mungkin kurang paham terhadap beberapa aturan hukum. Oleh karena itu perlu didampingi pihak yang mengerti dan menguasai masalah ini. Meski harus mengeluarkan biaya, namun apa yang menjadi hal Anda dapat diterima.

3. Terbantu Dalam Menyiapkan Dokumen Untuk Perceraian

Salah satu tugas advokat perceraian adalah menyiapkan semua berkas, secara lengkap. Dengan demikian prosesnya dapat langsung berjalan sampai pada keputusan perceraian.

4. Anda Tidak Berjuang Sendiri

Advokat perceraian merupakan pihak yang akan selalu ada sampai proses perceraian selesai. Anda mempunyai teman untuk memperjuangkan apa yang diinginkan. Dengan demikian semua terasa lebih ringan dan mudah.

Memilih Advokat perceraian harus selektif dan tepat. Sebaiknya Anda menggunakan jasa yang telah terpercaya dan berpengalaman. Selain itu juga mempertimbangkan biayanya.

Pengarara atau advokat dalam perceraian harus paham dan cepat tanggap. Dengan demikian Anda tidak perlu waktu lama untuk memberikan surat kuasa untuk mengurusnya.

Anda dapat menggunakan Kantor Hukum Jakarta yang sudah berpengalaman, dan telah banyak memenangkan gugatan. Jasa terpercaya ini selalu sigap dalam melakukan pembelaan dan tuntutan sesuai keinginan klien. Advokat perceraian merupakan institusi yang perlu Anda pertimbangkan ketika menghadapi masalah perceraian. Jangan ragu untuk berkonsuktasi dan bekerja sama sehingga persoalan Anda segera menemukan penyelesaian.

Email: [email protected]

Kontak telepon / WhatsApp: 0812-1907-4512

Mari selesaikan urusan perceraian Anda bersama pengacara perceraian di Kantor Hukum Jakarta sekarang!

Tinggalkan komentar

Konsultasi Gratis

Dapatkan kesempatan untuk konsultasi dengan tim pengacara kami sekarang juga.
cukup dengan meng-klik tautan yang ada dibawah ini.