2 hak istri pns korban perselingkuhan

2 Hak Istri Perceraian PNS Korban Perselingkuhan Yang Harus Diperjuangkan

2 Hak Istri Perceraian PNS Korban Perselingkuhan Yang Harus Diperjuangkan

2 hak istri pns korban perselingkuhan

Perceraian PNS Ratusan keluarga pasangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah berpisah secara hukum selama tahun 2017, baik PNS yang berada di kabupaten maupun PNS yang bertugas di Perkotaan. Suatu jumlah yang cukup besar mengingat kehidupan ekonomi keluarga PNS cenderung berkecukupan.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan baik di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur penyebab perceraian ialah adanya skandal perselingkuhan yang dilakukan oleh Suami yang berstatus PNS. Sang istri yang tidak terima kenyataan dan sudah tidak bisa didamaikan akan menempuh semua cara agar berpisah dengan pasangannya.

Seringkali istri dihadapkan dalam kondisi yang dirugikan, tidak bekerja karena fokus mengurus anak dan rumah tangga. Berbeda dengan suami yang mengendalikan keuangan keluarga. Jika memang demikian lemahnya istri, apakah perceraian mengakibatkan terputusnya hak istri termasuk nafkah hidup?

terdapat aturan dalam Perceraian PNS melalui Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian Bagi Pegawai Negeri Sipil yang kemudian diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1990 yang melindungi hak istri korban perselingkuhan.

Hak Anak Perceraian PNS

Dalam Peraturan Pemerintah itu terdapat kewajiban menyerahkan sebagian gaji untuk penghidupan bekas istri dan anak-anak jika terjadi perceraian karena alasa selingkuh. Peraturan Pemerintah tersebut bahkan langsung menyebutkan komposisi pembagian gaji. Yaitu, sepertiga untuk PNS pria yang bersangkutan, sepertiga untuk bekas istrinya, dan sepertiga untuk anak-anaknya.

Hak Istri Perceraian PNS

Apabila perkawinan tersebut belum dianugerahi anak, maka besarnya gaji yang harus diserahkan sang pria kepada istrinya adalah setengah dari gajinya. Namun, Peraturan Pemerintah tersebut juga mengatur beberapa hal yang mengakibatkan istri seorang PNS kehilangan hak yang sudah dijelaskan diatas.

Untuk itu jika suatu saat anda mengalami masalah Perceraian PNS seperti ini, anda harus siap untuk selalu mengawal proses perceraian dari awal sampai akhir. Jangan sampai Perceraian PNS ini merugikan nafkah anda dan anak anda kedepan.

baca juga:

  1. penelitian 1
  2. penelitian 2

Jika anda mendapatkan manfaat dari artikel ini, tolong untuk memberikan mengikuti dan membagikan website ini melalui tombol yang sudah disiapkan, terima kasih.
Author:

Triadi Surya Iqbal

Untuk Konsultasi dan Pendampingan Hukum silahkan menghubungi kami  di 0813 2464 7968 atau email ke infokhj@kantorhukumjakarta.com

meta name=”keywords” content=”pengacara perceraian, jasa pengacara perceraian, perceraian pengadilan agama, perceraian pengadilan negeri, pengacara perceraian jakarta, pengacara perceraian jakarta barat, pengacara perceraian jakarta timur, pengacara perceraian jakarta pusat, pengacara perceraian jakarta selatan, pengacara perceraian tanggerang, pengacara perceraian bogor, pengacara perceraian depok, pengacara perceraian bekasi” />

Tinggalkan Balasan

Scroll to top
Chat with us
%d blogger menyukai ini: