10 LANGKAH MENGURUS PERCERAIAN WNI DI LUAR NEGERI

10 LANGKAH MENGURUS PERCERAIAN WNI DI LUAR NEGERI

10 langkah mengurus perceraian wni di luar negeri

Mengurus Perceraian WNI Di Luar Negeri – Saat ini banyak Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri untuk mengejar cita-cita. Biasanya mereka berada di luar negeri dikarenakan urusan pekerjaan, dinas kenegaraan, melanjutkan pendidikan maupun wiraswasta yang mengharuskan untuk tinggal di luar wilayah Indonesia. Tidak jarang para WNI ini menetap diluar negeri dengan membawa pasangan ataupun keluarga.

Walaupun tinggal di luar negeri tidak berarti semuanya sempurna dan terlepas dari masalah terutama masalah keluarga. Sudah banyak WNI yang mengalami pertengkaran serius dan berujung dengan sebuah perceraian. Penyebab munculnya perceraian sangat beragam, mulai dari perselingkuhan, kekerasan dalam rumah tangga, tekanan mengikuti kehidupan pasangan dan sebagainya. Hal ini tercermin dari beberapa konsultasi yang telah kami lakukan selama ini.

Pada ketentuan yang berlaku dalam Undang-Undang Administrasi Kependudukan sebenarnya memungkinkan untuk Mengurus Perceraian WNI Di Luar Negeri di negara mereka berdomisili. Akan tetapi pada banyak konsultasi dengan kami, kebanyakan mereka yang mengajukan pertanyaan kepada kami memilih untuk tetap mengajukan proses perceraian di Indonesia dengan berbagai alasan. Salah satunya mengenai keraguan bahwa putusan di pengadilan luar negeri dapat diterapkan di Indonesia. Apalagi kalau melibatkan hak asuh anak dan pembagian harta bersama.

Mengurus Perceraian WNI Di Luar Negeri dengan Mengajukan gugatan perceraian bukanlah sesuatu yang mudah jika anda dan keluarga anda tidak tinggal di Indonesia. Anda harus mengurus semua persyaratan, pergi ke Pengadilan, menjalani pemeriksaan dan sebagainya yang membutuhkan waktu sampai 6 bulan. Tentu saja mengurus Perceraian WNI Di Luar Negeri akan sangat menguras banyak uang dan waktu .

Langkah Mengurus Perceraian WNI Di Luar Negeri

Berikut ini terdapat beberapa tips yang kami rangkai agar memudahkan dalam Mengurus Perceraian WNI Di Luar Negeri, antara lain:

  1. Buat keputusan antara mengurus sendiri ke Indonesia atau menggunakan jasa advokat;
  2. Jika menggunakan jasa advokat, carilah advokat yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang menguasai hukum keluarga.
  3. Sudah mendapatkan advokat? Jika iya, maka bersiap untuk membuat surat kuasa di domisili Anda saat ini. mintalah advokat yang akan menyiapkan draf dokumen surat kuasa dalam dua bahasa. baca juga ini
  4. Jangan lupa untuk melegalisasi surat kuasa di kantor perwakilan Republik Indonesia. baca juga ini
  5. Memberikan keterangan yang sesuai untuk membantu advokat membuat surat gugatan yang baik.
  6. siapkan bukti-bukti yang mendukung gugatan dan saksi-saksi yang dapat memberikan kesaksian yang meyakinkan majelis hakim.
  7. percayakan kuasa hukum anda bertindak secara professional dalam menangani perkara perceraian dari awal sampai akhir. Anda bisa meminta informasi perkembangan kasus dari kuasa hukum anda.
  8. Berdoa yang terbaik dari putusan perkara ini.
  9. Jika gugatan dikabulkan oleh Pengadilan, segera diurus Akta Cerai di KUA ataupun Kantor Catatan Sipil.
  10. Lakukan legalisasi dokumen cerai agar dapat digunakan di negara dimana anda berada saat ini.

Jika anda mendapatkan manfaat dari artikel ini, tolong untuk memberikan mengikuti dan membagikan website ini melalui tombol yang sudah disiapkan, terima kasih..

Author
Triadi Surya Iqbal

Untuk Konsultasi dan Pendampingan Hukum silahkan menghubungi kami  di 0813 2464 7968 atau email ke infokhj@kantorhukumjakarta.com

 

Tinggalkan Balasan

Scroll to top
Chat with us
%d blogger menyukai ini: